Kenapa Netflix Diblokir Telkom?

Kenapa Netflix Diblokir Telkom? - Direktur Consumer PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) Dian Rachmawan menyatakan bahwa perusahaanya telah memblokir akses ke layanan video streaming Netflix. Hal itu merupakan perhatian atas polemik hadirnya Netflix di Indonesia. Telkom  beralasan bahwa Netflix tidak memenuhi regulasi yang ada di Indonesia. Jadi sejak tanggal 27 Januari 2016 pukul 00.00 WIB, seluruh sambungan internet dari Telkom tidak akan bisa mengakses Netflix

Kenapa Netflix Diblokir Telkom?
Kenapa Netflix Diblokir Telkom?
Telkom memblokir layanan video streaming Netflix bagi semua pelanggan Telkom Grup yaitu IndiHome, WiFi.id, dan Telkomsel. Sementara alasan yang mereka berikan terkait dengan pemblokiran ini adalah konten pornografi yang ada dalam layanan Netflix. Netflix diblokir karena tidak memiliki ijin atau tidak sesuai aturan di Indonesia, serta banyak memuat konten yang tidak diperbolehkan di negeri ini. Telkom adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), maka harus menjadi contoh dan menegakkan kedaulatan Negara Kedaulatan Republik Indonesia (NKRI) dalam berbisnis.

Memang di luar negeri, pihak Netflix melakukan kerjasama dengan operator yang ada di negara tersebut. Misalnya seperti di Singapura, pihak Netflix bekerjasama dengan SingTel, kemudian di Italia, pihak Netflix bekerja sama dengan Telecom Italia. Itulah kerjasama yang harusnya dijalin Netflix dengan provider dalam negeri. Telkom menginginkan Netflix mematuhi aturan Indonesia, jika di luar negeri saja mereka melakukan kerjasama dengan beberapa operator, lantas mengapa tidak di Indonesia? Apabila ada kerjasama langsung maka Telkom bisa mengelola Netflix melalui platform Over The Top (OTT) yang dimiliki Telkom. Memang aksi blokir ini tak akan berdampak ke pelanggan Telkom, karena mereka (Netflix) masih kecil di sini.

Pemblokiran Netlfix ini tentu merugikan para pelanggan Netflix yang menggunakan jaringan internet milik Telkom. Karena jika tetap diblokir, maka pengguna tak akan bisa unsubscribe layanan ini karena situs Netflix telah diblokir oleh Telkom. Pemblokiran Netflix oleh Telkom memperlebar polemik setelah kemunculan penyedia layanan streaming film ini memicu reaksi Lembaga Sensor Film. Sampai saat ini, memang pemerintah belum memiliki regulasi yang konkrit soal sensor film dalam internet dan bagaimana memberikan solusi akan permasalahan ini.
Demikian adalah Kenapa Netflix Diblokir Telkom? simak juga Sinopsis Film Horor Terbaru The Boy 2016.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kenapa Netflix Diblokir Telkom?

0 comments:

Posting Komentar